Jumat, 18 Januari 2008

Prajurit Prajurit Salamina

Prajurit Prajurit Salamina
Penulis: Javier Cercas
Pada saat-saat terakhir Perang Saudara di Spanyol, ketika sisa-sisa tentara Republik mundur ke utara untuk mengungsi, lima puluh tahanan berpengaruh dari kelompok Nasionalis dihadapkan pada hukuman mati. Salah satu di antaranya adalah Rafael Sánches Mazas—penulis, fasis, dan pendiri Falangis Spanyol.
     Pada saat senjata-senjata mulai menghamburkan peluru, Sánches Mazas mendapat kesempatan melarikan diri ke hutan. Dia berhadapan dengan kematian untuk kedua kali ketika tempat persembunyiannya ditemukan oleh seorang tentara milisi. Tetapi, aneh bin ajaib, tentara yang tak dikenal itu hanya memandang tajam matanya, kemudian berbalik pergi. Sang penulis menjadi pahlawan nasional, dan akhirnya menjadi seorang menteri pada era pertama pemerintahan Franco, sementara sang tentara hilang ditelan zaman.
     Ketika menelusuri bukti untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi, Cercas menyadari bahwa pahlawan dalam ceritanya mungkin saja bukan Sánches Mazas, tetapi justru tentara yang memilih untuk tidak menembaknya. Siapa dia? Kenapa dia membebaskannya? Apakah dia masih hidup?
     Melalui novel yang dibangun secara elegan, disampaikan dengan cara mengutuki diri sendiri, melankolis, dan humoris ini, Javier Cercas telah menciptakan sebuah karya sastra yang orisinal: sebuah “ kisah nyata” yang menghimpun beberapa keunggulan sekaligus: sebuah investigasi kebenaran sejarah, sebuah esai tentang heroisme, dan sebuah demonstrasi kekuatan fiksi.

Pujian Pada Buku Ini:

Prajurit-prajurit Salamina adalah bacaan luar biasa, sebuah prasasti berjalan."
Miranda France, Daily Telegraph
"Cercas berhasil membuat sebuah novel klasik—dengan sisipan humor-humor segar yang konsisten dan penuh semangat—tentang percikan tragedi perang melalui memori dan dongeng."
Boyd Tonkin, The Independent
"Buku ini benar-benar berhak mendapat sambutan luas, bukan hanya karena ia merupakan bacaan hebat, tetapi juga karena gagasan-gagasannya yang dibuat sederhana tentang apa yang benar dan yang salah dalam Perang Sipil Spanyol masih memiliki efek yang kuat pada pemikiran politik dan budaya di Eropa."
Anne Chisholm, Sunday Telegraph
"Prajurit-Prajurit Salamina adalah novel yang meyakinkan dan provokatif. Kesederhanaan cerita dasar, yang hanya pantas menjadi sebuah artikel dalam jurnal atau surat kabar, berubah menjadi analisis yang tajam tentang seluk beluk penulisan dan menjadi seorang penulis. Seni sebagai imitasi realitas dan sastra sebagai kompromi sosial-politik merupakan dua dari berbagai isu yang dieksplorasi."
Rosa Julia Bird, World Literature Today
"Melalui buku yang dikemas sempurna ini, Cercas telah berhasil membuat genre epik yang mudah dipahami."
Alberto Manguel
"Javier Cercas memiliki kisah yang memikat untuk diceritakan, yang kebetulan (kebanyakannya) merupakan kisah nyata. Dia telah menulis sebuah novel yang sangat indah."
Susan Sontag
"Buku ini luar biasa, bahkan salah satu yang terbaik yang pernah saya baca selama ini, pantas mengundang sangat banyak pembaca."
Mario Vargas Llosa, El País

LINK:
Prajurit Prajurit Salamina
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Gita Cerita Utama

Tidak ada komentar: